Tips Berbisnis Percetakan dan Menghitung Modal Usaha

Spread the love

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk berwirausaha atau menjalankan bisnis sendiri. Namun, tidak sedikit juga di antara mereka yang ujung-ujungnya sering mengalami kebingungan saat menentukan bisnis apa yang akan di jalani nantinya.

Di tengah ramainya bisnis di bidang fashion dan juga kuliner, pilihan untuk menjalankan bisnis di bidang percetakan baik itu percetakan grafis atau sewa mesin fotocopy di Karawang merupakan salah satu pilihan alternatif yang bukan tidak mungkin justru akan membawa keuntungan yang lebih menjanjikan.

Bisnis di bidang percetakan ini memiliki kategori yang dibedakan menjadi percetakan offset dan percetakan digital atau digital printing. Bisnis percetakan ini memiliki potensi yang cukup baik karena tingginya kebutuhan media promosi seperti baliho, banner, pamflet, brosur, kartu nama, undangan dan sejenisnya.

Tips Memulai Usaha di Bidang Percetakan

Tidak hanya dalam usaha di bidang percetakan, perencanaan yang matang selalu dibutuhkan sebelum memulai usaha di bidang apa pun. Perencanaan tersebut dibutuhkan agar Anda bisa mengerti modal yang dibutuhkan serta strategi dan langkah apa yang harus Anda ambil agar usaha Anda berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan.

Namun, sebelum memulai untuk membuka bisnis atau usaha di bidang percetakan ini, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

  1. Lakukan riset sebanyak mungkin termasuk tentang modal usaha

Jika Anda belum pernah melakukan atau berkecimpung di dunia percetakan sebelumnya, Anda harus melakukan riset tentang bagaimana usaha percetakan ini berjalan. Hal-hal tentang apa saja alat-alat atau mesin cetak yang dibutuhkan, produk apa saja yang dihasilkan, keahlian apa saja yang dibutuhkan, serta modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan ini.

Bahkan jika perlu, Anda harus belajar menggunakan alat-alat yang digunakan dalam usaha percetakan, belajar skill atau kemampuan yang berhubungan dengan bidang percetakan, dan lain-lain. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran di awal untuk membayar pekerja. Jika Anda juga bisa melakukan dan mengerti seluk beluk dunia percetakan, Anda bisa mempekerjakan tenaga Anda sendiri kecuali jika Anda siap untuk menyediakan modal lebih untuk membayar pekerja.

  1. Mencari supplier bahan baku atau vendor

Dalam bisnis percetakan, keberadaan supplier ataupun vendor termasuk hal yang penting. Anda perlu men-survey supplier bahan baku untuk usaha percetakan Anda seperti kertas, tinta, dan sejenisnya. Jangan lupa juga bertanya perihal jenis kertas sekaligus belajar memahami kebutuhan bahan baku utama Anda.

Begitu juga dengan vendor, terkadang ada pekerjaan yang tidak bisa Anda lakukan namun Anda menerima pesanan tersebut. Maka dari itu, Anda membutuhkan vendor sebagai rekan Anda untuk beberapa pesanan yang harus Anda selesaikan. Bahkan vendor alat percetakan pun dibutuhkan, misanya sewa mesin fotocopy di Karawang.

  1. Buat rancangan bisnis dan modal usaha

Rancangan bisnis ini mencakup informasi-informasi yang sudah Anda kumpulkan dan kemudian merencanakan perjalanan usaha Anda dan strategi-strategi untuk meningkatkan omset. Jangan ketinggalan juga perihal modal usaha.

Tentukan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang harus Anda beli, misalnya mesin cetak atau mesin fotokopi apakah harus membeli atau bisa dilakukan dengan menyewa mesin di sewa mesin fotocopy di Karawang. Hitung juga modal yang dibutuhkan untuk tempat. Apakah Anda menggunakan tempat yang sudah ada, atau menyewa sebuah kios.

Buatlah rancangan dan perhitungan modal awal serinci mungkin agar Anda terhindar dari kerugian di awal mulainya usaha Anda. Satu hal lagi, Anda juga perlu mempertimbangkan sumber dana untuk modal awal usaha Anda. Apakah itu dana pribadi atau dana pinjaman. Jika sumber dana merupakan dana pinjaman, Anda perlu membuat rincian yang lebih dalam agar pengembalian dana pinjaman Anda bisa terselesaikan dengan baik.

  1. Lakukan promosi usaha

Selain perhitungan modal, mempromosikan usaha Anda juga menjadi hal yang sangat penting. Media promosi saat ini sangat beragam, salah satu media promosi yang murah dan bahkan tidak membutuhkan biaya yaitu menggunakan media sosial. Melakukan promosi usaha melalui media sosial saat ini merupakan hal yang ampuh karena selain mudah dan murah, media sosial saat ini mencakup semua kalangan.

  1. Terima semua orderan

Saat memulai usaha dari nol, Anda sebaiknya tidak pilih-pilih orderan. Hindari menolak orderan dan selesaikan order sebaik mungkin karena ini merupakan langkah awal Anda untuk membangun reputasi sehingga ke depannya usaha Anda akan memiliki nama baik di bidang yang Anda jalankan.

Itulah tadi sedikit tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai usaha di bidang percetakan baik itu percetakan offset ataupun percetakan digital. Tidak perlu bingung untuk mencari bantuan jika Anda mengalami kesulitan misalnya mencari alat cetak untuk produksi, hubungi sewa mesin fotocopy di Karawang jika Anda membutuhkan informasi mengenai alat percetakan atau fotokopi.